Jasa Penilaian Aset/Properti (Appraisal) Pembebasan Lahan

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

Jasa Penilaian Aset/Properti (Appraisal) Pengadaan Tanah Untuk Kepentingan Umum 08122697272 –  Pengadaan tanah adalah kegiatan menyediakan tanah dengan cara memberi ganti rugi (ganti untung) yang layak dan adil kepada pihak yang berhak atau yang terkena proses pengadaan tanah. Pengadaan tanah juga biasa disebut pembebasan lahan. Untuk proses pengadaan tanah harus dilakukan secara matang, mulai dari persiapan, perencanaan, pelaksanaan, dan penyerahan hasil telah memenuhi asas kepastian, keterbukaan, dan tidak berpotensi multitafsir.

Dalam melakukan penilaian harga tanah terhadap lahan atau tanah yang terkena pengadaan tanah harus dilakukan oleh tim appraisal independen atau tim penilai harga tanah dalam hal ini biasa dilakukan oleh Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP) yang berlisensi dan bersertifikat yang sudah disahkan oleh Menteri Keuangan yang profesional dan berpengalaman.

Untuk itu, sangatlah penting peran dari jasa penilai tanah dalam pembebasan lahan yang dilakukan. Dalam penilaian harus dilakukan secara profesional dan independen yang bisa memberikan nilai real harga tanah sesuai dengan kerugian yang diterima oleh masyarakat. Untuk itu kami sebagai tim jasa penilai tanah (appraisal) pembebasan tanah yang profesional, independen, dan berpengalaman.

Jasa Penilaian Aset/Properti (Appraisal) Pembebasan Lahan atau Pengadaan Tanah Untuk Kepentingan Umum

Obyek pengadaan tanah adalah tanah, ruang di atas tanah dan di bawah tanah, tanaman, benda yang terkait dengan tanah, dan obyek penilaian lainnya yang dapat dinilai.

Pengertian dari pengadaan tanah untuk kepentingan umum adalah pengadaan lahan atau tanah yang nantinya untuk kepentingan bangsa, negara, dan masyarakat yang harus diwujudkan oleh pemerintah dan digunakan untuk kemakmuran rakyat. Dan yang diganti harus layak dan adil kepada pihak yang berhak mendapatkannya.

Dalam proses pengadaan tanah untuk kepentingan umum ini harus dilakukan oleh lembaga peilai tanah yang memiliki lisensi dari Badan Pertanahan Nasional (BPN). Penilai tersebut adalah orang perseorangan yang melakukan penilaian secara independen dan profesional yang telah mendapat izin praktek penilaiaian dari Menteri Keuangan dan lisensi dari BPN.

Dalam proses penilaian pengadaan tanah untuk kepentingan umum, harus dilakukan berdasarkan asas kemanusiaan, keadilan, kemanfaatan, kepastian, keterbukaan, kesepakatan, keikutsertaan, kesejahteraan, keberlanjutan, dan keselarasan.

Jasa Penilai Tanah Appraisal pembebasan tanah pengadaan tanah

Proses Jasa Penilaian Aset/Properti (Appraisal) Pembebasan Lahan atau Pengadaan Tanah Untuk Kepentingan Umum

Berikut proses dalam melakukan penilaian obyek tanah oleh jasa penilai tanah (appraisal) Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP):

  1. Adanya penentuan lokasi yang dikeluarkan oleh pemerintah (dalam hal ini adalah walikota, bupati, atau gubernur)
  2. Daftar nominative (daftar nama pemilik lahan) yang dikeluarkan oleh BPN dengan data bukti kepemilikan, luas tanah dan bangunan, jumlah dan jenis tanaman (jika terdapat tanaman).
  3. Peta Lokasi

Setelah data-data tersebut telah kami terima, maka selanjutnya kami akan melakukan survey lokasi yang telah ditentukan untuk mendapatkan data-data yang diperlukan di lapangan guna melakukan analisis-analisis yang kami lakukan.

Tahap-tahap tersebut dapat kami rangkum sebagai berikut:

  1. Perencanaan
  2. Persiapan
  3. Pelaksanaan
  4. Penyerahan hasil pengadaan tanah

Obyek Jasa Penilaian Aset/Properti (Appraisal) Pembebasan Lahan atau Pengadaan Tanah Untuk Kepentingan Umum

Hasil dari pengadaan tanah untuk kepentingan umum tersebut nantinya akan digunakan sesuai dengan perencanaan awal seperti pertahanan dan keamanan nasional, jalan umum, jalan tol, terowongan, jalur kereta api, stasiun kereta api, dan fasilitas operasi kereta api, waduk, bendungan, irigasi, saluran air minum, saluran pembuangan air dan sanitasi, dan bangunan pengairan lainnya, pelabuhan, bandar udara, dan terminal, infrastruktur minyak, gas, dan panas bumi, pembangkit, transmisi, gardu, jaringan, dan distribusi tenaga listrik, jaringan telekomunikasi dan informatika Pemerintah, tempat pembuangan dan pengolahan sampah, rumah sakit Pemerintah/Pemerintah Daerah (RSUD), fasilitas keselamatan umum, tempat pemakaman umum Pemerintah/Pemerintah Daerah, fasilitas sosial, fasilitas umum, dan ruang terbuka hijau, cagar alam dan cagar budaya, kantor Pemerintah/Pemerintah Daerah/desa, penataan permukiman kumuh perkotaan dan/atau konsolidasi tanah, serta perumahan untuk masyarakat berpenghasilan rendah dengan status sewa, prasarana pendidikan atau sekolah Pemerintah/Pemerintah Daerah, prasarana olahraga Pemerintah/Pemerintah Daerah,  dan pasar umum dan lapangan parkir umum.

Dasar Hukum Jasa Penilaian Aset/Properti (Appraisal) Pembebasan Lahan atau Pengadaan Tanah Untuk Kepentingan Umum

Dasar hukum pelaksanaan penilaian Pengadaan Tanah Untuk Kepentingan Umum ini diatur oleh Undang-Undang dan Peraturan yang terkait dalam pelaksanaannya, diantaranya yaitu:

  1. Undang-Undang No. 2 Tahun 2012 Tentang Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan Untuk Kepentingan Umum.
  2. Peraturan Presiden Republik Indonesia No. 71 Tahun 2012 Tentang Penyelenggaraan Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan Untuk Kepentingan Umum.
  3. Peraturan Presiden Republik Indonesia No. 40 Tahun 2014 Tentang Perubahan Atas Peraturan Presiden No. 71 Tahun 2012 Tentang Penyelenggaraan Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan Untuk Kepentingan Umum.
  4. Peraturan Presiden Republik Indonesia No. 99 Tahun 2014 Tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Presiden No. 71 Tahun 2012 Tentang Penyelenggaraan Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan Untuk Kepentingan Umum.
  5. Peraturan Kepala BPN (PERKABAN) No. 5 Tahun 2012 Tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pengadaan Tanah.
  6. Standar Penilaian Indonesia (SPI 306) Tentang Penilaian Terhadap Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan Untuk Kepentingan Umum
Untuk informasi lebih lanjut mengenai Penilai Tanah (Appraisal) Pembebasan Lahan atau Jasa Penilai Pengadaan Tanah Untuk Kepentingan Umum, anda dapat menghubungi kami di:

Telp. & WA 08122697272 (Ardi)

Bagikan :

Tinggalkan Balasan