Konsultan SLF (Sertifikat Laik Fungsi)

Konsultan SLF

Konsultan SLF (Sertifikat Laik Fungsi) 08122697272

Selamat datang  dan terima kasih telah mengunjungi website Konsultan SLF (Sertifikat Laik Fungsi) 08122697272 terbaik dan profesional dalam pengurusan Sertifikat Laik Fungsi untuk bangunan Pabrik, Hotel, Apartemen, Mall, Kantor, Rumah Sakit, SPBU, Klinik, Sekolah dan bangunan lainnya. Sudah banyak pengalaman kami dalam pengurusan SLF di berbagai daerah mulai dari Tangerang, Cilegon, Serang, Bekasi, Cikarang, Semarang/Kendal, Jogja dan berbagai daerah lainya.

Ada beberapa jenis perijinan yang harus dimiliki dalam sebuah bangunan salah satunya adalah Ijin Mendirikan Bangunan atau yang biasa kita sebut IMB. Selain itu ada juga yang tak kalah pentingnya adalah Sertifikat Laik Fungsi atau yang lebih dikenal dengan SLF.

Sertifikat Laik Fungsi (SLF) adalah Sertifikat yang diterbitkan oleh Pemda atau Pemkot pada sebuah bangunan yang telah dibangun dan sesuai IMB serta telah memenuhi persyaratan kelaikan teknis sesuai fungsi bangunannya itu sendiri yang berdasarkan hasil pemeriksaan dari instansi terkait. Jadi SLF harus dimiliki bangunan gedung, sebelum gedung tersebut beroperasi atau digunakan. Sehingga pada intinya adalah gedung yang tidak memiliki Sertifikat Laik Fungsi maka gedung tersebut tidak dapat beroperasi secara legal.

Siapa yang melakukan pemeriksaan terhadap bangunan tersebut? tentu yang nanti melakukan inspeksi/pemeriksaan harus dilakukan oleh tenaga ahli yang memiliki keahlian dan bersertifikat khusus dalam bidangnya masing masing. Apabila dilakukan oleh konsultan pengurusan SLF, maka konsultan/perusahaan tersebut harus memiliki kualifikasi dalam bidang inspeksi bangunan dan memiliki tenaga ahli dalam hal inspeksi tersebut. Dan kami sebagai Konsultan SLF (Sertifikat Laik Fungsi) siap membantu anda dalam mengurus Sertifikat Laik Fungsi tersebut.

Konsultan SLF - Dasar Hukum Sertifikat Laik Fungsi

Dikutip dari laman resmi Kementerian Pekerjaan Umum, dasar hukum Sertifikat Laik Fungsi adalah Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, yaitu Peraturan Nomor 19 tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Izin Mendirikan Bangunan Gedung (IMB) dan Sertifikat Laik Fungsi (SLF).

Peraturan tersebut dimaksudkan untuk menertibkan penyelenggaraan bangunan gedung, memberikan percepatan dan kemudahan, serta untuk meningkatan pelayanan atas perizinan gedung. Adapun pemeriksaan kelaikan fungsi bangunan, di antaranya meliputi kesesuaian fungsi, persyaratan tata bangunan, keselamatan, kesehatan, kenyamanan, serta perawatan dan pemeliharaan.

Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menerbitkan Kebijakan tentang Penyelenggaraan Izin Mendirikan Bangunan Gedung Dan Sertifikat Laik Fungsi Bangunan Gedung Melalui Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik. Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia Nomor 19/PRT/M/2018 tentang Penyelenggaraan Izin Mendirikan Bangunan Gedung Dan Sertifikat Laik Fungsi Bangunan Gedung Melalui Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik ditetapkan oleh Menteri Basuki Hadimuljono pada tanggal 9 Juli 2019 dan diundangkan dalam Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2018 Nomor 917 padal tanggal 13 Juli 2018 di Jakarta oleh Dirjen Peraturan Perundang-undangan Kemenkumham RI.

Penyelenggaraan Izin Mendirikan Bangunan Gedung Dan Sertifikat Laik Fungsi Bangunan Gedung Melalui Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik ditetapkan untuk terwujudnya tertib penyelenggaraan Bangunan Gedung dan menjamin keandalan teknis Bangunan Gedung, setiap pendirian Bangunan Gedung harus berdasarkan Izin Mendirikan Bangunan Gedung, serta setiap Bangunan Gedung harus memiliki Sertifikat Laik Fungsi Bangunan Gedung sebagai syarat untuk Bangunan Gedung dapat dimanfaatkan dan untuk memberikan percepatan, kemudahan, dan peningkatan pelayanan atas perizinan Izin Mendirikan Bangunan Gedung dan Sertifikat Laik Fungsi Bangunan Gedung diperlukan reformasi perizinan berusaha guna memudahkan pelaksanaan perizinan.

PermenPUPR 19/PRT/M/2018 tentang Penyelenggaraan IMB Gedung Dan SLF Bangunan Gedung Melalui Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik adalah bentuk pelaksanaan Pasal 88 ayat (1) Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik, yang mengatur bahwa menteri dan pimpinan lembaga menyusun dan menetapkan standar perizinan berusaha di sektornya masing-masing sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Konsultan SLF (Sertifikat Laik Fungsi)

Konsultan SLF - Persyaratan Pengurusan Sertifikat Laik Fungsi

1. Surat Permohoanan SLF
2. Fotocopy KTP Pemohon
3. Fotocopy NPWP Pemohon
4. Fotocopy bukti kepemilikan tanah yang telah di legalisir oleh Notaris.
5. Fotocopy SIPPT yang terbit tahun 2008 dan setelahnya
6. Fotocopy Izin Bangunan yang dimiliki (IMB, IPB, dan/atau KBM),
7. Gambar Arsitek Lampiran IMB.
8. Peta rencana kota & RTLB, yang menjadi lampiran IMB.
9. Surat pernyataan telah membuat SRAH/Kolam Resapan.
10. Foto SRAH/Kolam Resapan.
11. Foto tampak bangunan minimal 3 sisi, sesuai keadaan lapangan sekarang
12. Laporan Direksi Pengawas (DIRWAS), oleh pengawas yang memegang IPTB (lzin Pelaku Teknis Bangunan),
13. Legalisir fotocopy IPTB bidang Arsitektur, Struktur, Instalasi.
14. Surat pernyataan koordinator Direksi Pengawas.
15. Gambar (As Built Drawing) Arsitektur hasil pelaksanaan bangunan yang telah disahkan sesuai dengan lapangan, beserta CD berisikan file format CAD.
16. Gambar (AS Built Drawing) Struktur hasil pelaksanaan bangunan yang telah disahkan sesuai dengan lapangan.
17. Gambar (AS Buit Drawing) Instalasi hasil pelaksanaan bangunan yang telah disahkan sesuai dengan lapangan.
18. Rekomendasi instalasi/unit terkait yang masih berlaku untuk:
– Kebakaran
– Penggunaan pesawat angkat/ angkut (Lift , Eskalator, dll).
– Penggunaan Motor Diesel.
– Penggunaan Instalasi Listrik.
– Pengunaan Instalasi Penyalur Petir.
19. Surat Kesanggupan Pembayaraan Retribusi, apabila diperlukan.

Konsultan SLF - Biaya Pengurusan Sertifikat Laik Fungsi

Dalam hal menggunakan konsultan SLF (Sertifikat Laik Fungsi), maka dalam menentukan biaya tergantung dari jenis bangunannya apakah dia pabrik, ruko, rumah tinggal, mall, hotel, apartemen, rumah sakit dan lainnya. Karena hal tersebut menyangkut dalam hal kompleksitas atau seberapa rumit bangunan tersebut untuk dilakukan inspeksi. Semakin rumit dalam melakukan inspeksi maka dibutuhkan tenaga ahli yang semakin banyak.

Selain itu, faktor lainnya adalah lokasi dari bangunan yang akan diurus bangunannya. Karena pada setiap daerah, kebijakan pemerintah setempat akan berbeda pula. Seperti contoh dalam pengurusan perijinan di Kota Bekasi, maka akan berbeda dengan pengurusan ijin di Kabupaten Bekasi karena sudah berbeda kebijakannya sesuai dengan masing-masing daerahnya.

Setelah itu adalah, luasan bangunan yang akan diurus sertifikat laik fungsinya. Dengan semakin luas bangunan yang diinspeksi atau semakin banyak lantai yang harus di inspeksi, maka tentu saja akan lebih banyak tenaga ahli yang akan digunakan. Karena menyangkut kecepatan dan ketepatan dalam kami mengurus Sertifikat Laik Fungsi.

Cukup mudah sebenarnya dalam pengurusan SLF. Bisa dilakukan sendiri oleh perusahaan atau perorangan asal memiliki tenaga ahli yang bersertifikat dalam bidangnya. tetapi untuk menghemat waktu dan biaya sangat disarankan menggunakan jasa konsultan SLF seperti kami. Karena dalam hal mengurus Sertifikat Laik Fungi akan sangat memakan waktu yang tidak sedikit. Dan tidak cukup sekali datang ke Dinas terkait, bisa berulang ulang tergantung dari kompleksitas bangunan itu sendiri. Bisa memakan waktu 3-4 bulan lamanya dalam mengurus Sertifikat Laik Fungsi apabila bangunan tersebut memiliki tingkat kerumitan yang tinggi.

Konsultan SLF (Sertifikat Laik Fungsi)

Itulah beberapa informasi mengenai sertifikat laik fungsi (SLF) yang bisa kami berikan. Masih banyak seluk beluk tentang sertifikat laik fungsi (SLF). Dalam prosesnya ada beberapa tahap yang akan dilalui, dan tidak bisa sembarang konsultan atau perusahaan yang bisa mengurus sertifikat laik fungsi (SLF) tersebut. Yang dapat mengerjakan pengurusan sertifikat laik fungsi (SLF) harus perusahaan atau konsultan yang direkomendasikan oleh pemerintah setempat atau yang mempunyai kualifikasi pengurusan sertifikat laik fungsi (SLF). Untuk itu kami sebagai Konsultan Jasa Pengurusan Sertifikat Laik Fungsi (SLF) yang telah berpengalaman dalam mengurus sertifikat laik fungsi (SLF) di berbagai daerah dan berbagai bangunan yang telah kami kerjakan yang profesional dan cepat. Untuk informasi lebih lanjut hubungi :

Telp./WA 08122697272

ARDI

Bagikan :

Tinggalkan Balasan