Penempatan Jendela Yang Baik

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

Bagaimana Penempatan Jendela Yang Baik?

Penempatan Jendela Yang Baik – Jendela merupakan salah satu dari elemen arsitektur sebuah bangunan yang sangat penting. Karena jendela merupakan salah satu faktor penentu sebuah kenyamanan di dalam bangunan. Selain itu juga, jendela merupakan estetika penting yang harus diperhatikan. Maka pemilihan desain dan penempatan jendela harus benar-benar diperhitungkan dan direncanakan secara matang.

Perencanaan peletakan posisi jendela, ditentukan oleh lokasi dimana bangunan itu berada. Seperti kita yang sekarang ini berada di Indonesia, di mana Indonesia ini merupakan negara beriklim tropis. Maka kelembaban udara sangat diperhitungkan dalam hal ini. Selain kelembaban, juga diperhitungkan cahaya sinar matahari yang berlimpah. Karena dengan berlimpahnya sinar matahari bisa dimanfaatkan dan bisa juga dihindari.

Manfaat Jendela

Sebelum kita membahas tentang desain dan penempatan jendela yang baik, terlebih dahulu kita harus mengetahui apa manfaat dari jendea itu sendiri agar kita tahu karakter dari jendela. Berikut kami rangkum manfaat dari jendela:

  1. Manfaat jendela adalah penghubung antar ruang di dalam bangunan maupun penghubung bagian dalam bangunan dengan bagian di luar bangunan.
  2. Meneruskan cahaya alami dari sinar matahari ke dalam bangunan.
  3. Sebagai ventilasi dan juga pengatur udara dalam ruangan.
  4. Pemberi efek pemandangan alami.
  5. Memberi nilai estetika arsitektural bangunan. 

Penempatan dan Desain Jendela Yang Baik

Penempatan jendela yang baik adalah dengan memperhatikan lokasi bangunan untuk menyesuaikan dengan arah matahari. Sinar matahari yang paling terang dan panas adalah di posisi sebelah barat. Karena matahari dari siang sampai tenggelam ke arah barat. Maka pada posisi barat inilah yang harus dihindari dengan memperbanyak jendela atau mendesain jendela yang lebar. Karena dengan banyaknya jendela dan jendela yang besar, maka banyak cahaya sinar matahari yang akan masuk ke dalam bangunan pada saat siang sampai sore hari yang menyebabkan efek panas dalam ruangan. Selain panas yang disebabkan banyaknya sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan, juga akan menyebabkan efek silau atau terlalu banyak sinar matahari yang masuk. Jika ingin menempatkan jendela yang banyak pada sisi barat untuk mengejar estetika, maka jendela didesain dengan memberikan penghalang atau kisi-kisi horizontal atau memberikan topi diatas jendela yang panjang. Atau bisa juga mendesain jendela pada fasad sebelah barat dengan membagi beberapa jendela yang kecil atau tidak lebar dengan kisi horizontal diantara jendela tersebut.

Untuk bagian yang harus diberi jendela yang lebar adalah pada sisi bangunan sebelah Utara-Selatan dan pada sebelah Timur dengan sedikit lebar. Kenapa Timur? Karena sinar matahari pagi sangat dibutuhkan dan tidak terlalu panas.

Selain dari faktor sinar matahari, penempatan dan desain jendela adalah dengan memperhatikan fungsi ruangan. Misalnya untuk ruang dapur yang membutuhkan cahaya yang banyak agar di area dapur tidak lembab dan juga mendapatkan cahaya alami yang cukup. Kamar tidur membutuhkan cahaya matahari pagi yang cukup. Sehingga pada sebelah timur dari kamar tidur diberikan jendela yang lumayan lebar dan juga penempatan kamar langsung terhubung dengan luar bangunan agar sirkulasi udara dan pencahayaan di kamar tidur sangat baik.

Selanjutnya adalah dengan memperhatikan pemandangan atau view yang indah dan sangat rugi jika view tersebut tidak dimanfaatkan dengan baik. Jadi sebisa mungkin, ruangan santai ataupun kamar tidur mendapatkan pemandangan yang indah. Sehingga jendela yang menghadap pemandangan tersebut didesain dengan selebar mungkin agar pemandangan dapat disajikan secara utuh. Apalagi untuk desain villa atau desain resort yang memiliki pemandangan yang indah akan memiliki nilai Plus dan memiliki nilai jual yang tinggi.

Tips Penempatan dan Desain Jendela Yang Baik

Itulah sedikit tips dari kami jasa arsitek perencana yang bisa kami bagi ilmu dan pengalaman kami mengenai Penempatan dan Desain Jendela yang Baik. Untuk konsultasi desain arsitektur rumah tinggal atau bangunan lainnya, anda bisa menghubungi kami di:

Jasa Arsitek Perencana

Telp. & WA 08122697272

Bagikan :

This Post Has 2 Comments

Tinggalkan Balasan

Close Menu
×
×

Cart